Rabu, 09 November 2011

Las Aki Meledak

-->
Las  Aki  Meledak


Kita sering mendengar jika kita akan mengelas kendaraan baik sepeda motor ataupun mobil, tukang las ataupun pemilik kendaraan sendiri meminta agar kabel aki agar di lepas dengan alasan agar tidak meledak. Sepanjang pengamatan kami, keyakinan ini sudah meluas hingga seperti suatu keharusan bahwa jika akan mengelas kendaraan kabel aki harus bebas.

Sebelumnya kami telah mengupas tentang Reaksi Kimia Dibalik Kotak Aki. Aki menghasilkan listrik dari reaksi kimia yang salah satu produk sampingannya adalah hidrogen yang sangat mudah terbakar karena panas dari reaksi kimia dalam aki dan juga panas kompartemen mesin. Dari situ kita ambil kesimpulan bahwa, bahaya timbul bila saat itu ada percikan api di sekitar aki, yang bisa menyebabkan aki akan meledak.

Jadi penyebab meledaknya aki adalah karena ada percikan api di sekitar aki tersebut baik pada percikan dalam proses pengelasan atau penyebab lain, jadi bukan akibat proses pengelasannya.

Penyebab yang lain timbul diantaranya

1. Sumber percikan bisa saja dari aki itu sendiri, bisa pula dari keteledoran pengguna, contohnya seperti merokok dekat aki.

2. Pemicu percikan api lain adalah sentuhan antar plat. Dengan bertambahnya usia pakai aki, larutan asam semakin berkurang dan plat tidak lagi terendam. Ini bisa menyebabkan plat melengkung. Ketika kunci stater diputar, permintaan tenaga listrik dalam jumlah besar untuk menggerakkan motor starter bisa menyebabkan plat bengkok itu menjadi lentur yang bisa saja bersentuhan dengan plat lain hingga menimbulkan percikan api.

3. Penyebab paling sering ledakan aki saat start adalah kutub-kutub aki dan kabel yang kotor menghambat jalannya arus listrik dan bisa menimbulkan loncatan bunga api. Selain itu kebiasan men-jumper yang kurang tepat juga riskan. Kebanyakan pengendara salah kaprah dengan memasang kabel jumper ke aki yang bagus, kemudian menyambungkan ke aki lemah. Hal ini bisa menyebabkan timbulnya percikan api. Biasakan untuk memasang kabel jumper pada aki lemah lebih dahulu, sebelum disambungkan ke aki bagus.

Kesipulan

Bahwa walaupun dalam mengelas kendaraan tanpa melepas kabel aki tidaklah membahayakan atau menyebabkan ledakan jika aki terbebas dari percikan api saat proses pengelasan.

Artikel ini juga menjawab bahwa kebiasaan melepas kabel aki pada saat pengelasan adalah sekedar ikut-ikutan semata tanpa tanpa tahu kejadiannya.

Tidak ada komentar: